Tugas Akhir Modul 4 Terbaru

Tugas Akhir Modul 4


TUGAS AKHIR MODUL 4

Di suatu kelas terdapat 30 siswa dengan rincian :
1. Jumlah laki-laki 20 orang, jumlah perempuan 10 orang
2. Status sosial 60% adalah anak dari pekerja buruh pabrik, 20 % PNS, dan 10 % adalah pedagang, 20% adalah pegawai swasta/BUMN3.

3. Minat siswa 50% pada kegiatan olahraga, 10% pada aspek akademis, 20% pada kegiatanseni, dan 20% pada aspek ketrampilan4.

4. Kemampuan siswa 40% pada batas bawah, 40% pada batas menengah, dan 20% pada batastinggi5.

5. Preferensi belajar 40% kinestetik, 30% visual, 30% auditory

Pertanyaan
 1. Bagaimana cara mengelola kelas dan mengakomodasi pembelajaran dengan karakteristiktersebut diatas (ambil 1sub tema pembelajaran/ 1 mapel)

2.Bagaimana mengembangkan kecerdasan majemuk dengan karakteristik diatas (ambil 1subtema pembelajaran/ 1 mapel)


PENYELESAIAN

Cara Mengelola kelas dan mengakomodasi pembelajaran karakteristik

Berdasarkan data tersebut maka dalam mengelola kelas pada proses pembelelajaran sayamelakukan:

a. Gender

Dengan jumlah laki-laki sebanyak 20 orang, jumlah perempuan 10 orang, jika akanmembentuk kelompok diskusi maka lebih efektif penyebaran gender dengan jumlah yangsama, misal untuk kelompok disusun jumlah perempuan yang sama atau jumlah laki-lakinya sama.
Contoh kelompok terbagi menjadi 5 kelompok dengan masing-masing anggotakelompok 6 orang terdiri dari 4 orang laki-laki dan 2 orang perempuan.

b. Status Sosial

Dengan data yang ada terlihat bahwa dominan adalah anak dari pekerja buruh pabrik. Pada proses pembelajaran biasanya masalah yang timbul adalah sarana belajar probadi bagi siswayang kurang beruntung yakni dari keluarga yang ekonominya kurang.

Pada kasus pada mata pelajaran Fisika materi Besaran dan Satuan memerlukanlaptop/komputer sebagai media belajar yang harus dimiliki siswa, sementara LAB Fisikadipergunakan kelas yang lainnya. Dalam hal ini yang saya lakukan adalah mengidentifikasi berapa orang yang memiliki laptop di kelas tersebut lalu saya membentuk kelompok belajaryang variatif sehingga siswa yang berasal dari keluarga tidak mampu dapat belajar dengantemanya yang memiliki laptop.

c. Minat

Pada studi kasus tersebut diatas, terlihat bahwa minat pada kegiatan olah raga lebih dominan.Kemudian seni, keterampilan dan yang paling rendah adalah akademis.

Dalam hal ini yang saya lakukan untuk mengakomodir karakteristik minat dengan caramemberikan pembelajaran yang menarik, misalnya pada saat materi alat ukur dengan mistaratau jangka sorong maka saya menggunakan media video agar siswa yang memilikikecenderungan kecerdasan visual dapat terakomodir. Saya pun masih memberikan penjelasandengan penekanan intonasi yang baik agar siswa dengan minat seni dan keterampilan(kecerdasan auditory) dapat juga terakomodasi. Tentunya juga meminta siswa untukmengerjakan tugas mengukur ketebalan meja atau buku, agar siswa yang kecerdasaankinestetik dapat berkembang. Dan diperbolehkan mendengarkan musik saat mengukurketebalan meja atau buku dengan catatan voleme disesuaikan agar tidak mengganggu temanyang lain.


Cara mengembangkan kecerdasan majemuk


Dari data tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa kelas tersebut kecenderungan perkembangan siswanya mengacu kepada kecerdasan Kinestetik hal ini dapat terlihat dariminat siswa dan prereferensi. Untuk itu guru hendaknya dalam proses pembelajaran membantumengembangakan kecerdasan kinestetik ini.

Kecerdasan Kinestetik meliputi kemampuan fisik, baik itu kecepatan, kelenturan dan lain-lainnya. Karakteristik kecerdasan ini adalah :

a. belajar dengan langsung terlibat
b. sensitive dan responsiv terhadap lingkungan dan sistem secara fisik
c. mendemonstrasikan keseimbangan, keterampilan dan ketelitian dalam tugasfisik
d. mempunyai kemampuan untuk memperbaiki segala sesuatu dan sempurna secara pementasan fisik.

e. Mengekspresikan ketertarikan pada karir atlit, penari, ahli bedah atau pembuat gedungUntuk dapat mengembangkan kecerdasan majemuk dapat dilakukan dengan :



  • Lingkungan fisik : daerah ruang kela, dalam merencanakan ruang kelas, para pengajarmembuat ruangan yang bisa membuat perasaan siswa menjadi senang.
  • Drama teater, permainan peran, drama kreatif, simulasi (keadaan yang meniru) keadaansebenarnya.
  • Gerak kreatif : memahami pengetahuan jasmaniah, memperkenalkan aktifitas gerakkreatif, menerapkan gerak kreatif keahlian dasar, menciptakan isi yang lebih terarahdari aktivitas gerakan.
  • Tari : bagian-bagian tari, rangkaian pembelajaran melalui tari
  • Memainkan alat-alat : kartu-kartu tugas, teka-teki kartu tugas, menggambara alat-alattambahan, membuat tanda-tanda bagi ruang kelas
  • Permainan ruangan kelas : binatang buruan ; permainan-permainan lantai besar, permainan yang merespon gerak fisik secara menyeluruh, permainan yang mengulanghal yang umum.
  • Permainan fisik : Karakteristik dari seorang pengajar (tentang) fissik, pendidikan petualang, jaring laba-laba dll
  • Perjalanan ke alam bebas.
Dari data yang dipaparkan juga terdapat siswa yang kecenderungan pada kecerdasan visual(30%). Untuk mengembangkan kecerdasan visual ini dapat dilakukan dengan cara :


  • Guru sebaiknya banyak/dititikberatkan pada peragaan/ media.
  • Menggunakan gambar-gambar di otak mereka dan belajar lebih cepat denganmenggunakan tampilan-tampilan visual seperti diagram, buku pelajaran bergambar
  • Gunakan warna untuk menghilite hal-hal penting
  • Mengajak membaca buku berilustrasi
  • Gunakan multi media (komputer dan video)
  • Mengilustrasikan ide-idenya ke dalam gambar.

Sedangkan anak yang memiliki kecerdasan auditory dapat belajar lebih mudah denganmenggunakan diskusi verbal dan mendengarkan apa yangdikatakan guru. Siswa tipe ini dapatmencerna makna yang disampaikan melalui tone suara, pitch (tinggi rendah), kecepatan berbicara dan hal-hal auditory lainya.

Untuk dapat mengembangkan kecerdasan auditory dapat dilakukan dengan :


  • Mengajak siswa untuk berpartisipasi dalam diskusi
  • Meminta siswa membaca lebih keras
  • Gunakan musik untuk mengajarkan anak
  • Diskusikan ide dengan siswa secara verbal
  • Diperbolehkan merekam materi ke dalam kaset atau yang lainnya
Terimakasih telah membaca artikel Tugas Akhir Modul 4 Terbaru. Semoga membawa manfaat.

Related Posts

0 Response to "Tugas Akhir Modul 4 Terbaru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel